English Village

Welcome to Kampung Inggris

Pare merupakan wilayah Kediri yang termasuk bagian dari kota Jawa Timur. Orang bilang Pare adalah kampung inggris, kenapa orang-orang mengatakan hal demikian apakah benar kalau Pare adalah kampung inggris? Beberapa catatan sepakat tentang Pare adalah kota atao kampung inggris, termasuk di http://www.kampunginggris.com.
Sejarah yang mengatakan Pare salah satunya adalah Clifford Geertz, seorang sarjanan antropologi dari Harvard University of Chicago. Sekitar tahun 1952 Geertz meneliti tentang budaya jawa yaitu bertempat di Pare. Pare menjadi populer bagi Geertz ketika Geertz mendiskusikan budaya jawa dengan tokoh central Pare, Tulungrejo, Alm. Kyai Yazid ibnu Thohir. Apa yang disampaikan Yazid dalam diskusinya dengan Geertz berdialek bahasa inggris.
Selama itu dan pada suatu ketika Kyai Yazid memiliki banyak santri, salah satunya Kalend Osein. Kemudian Kalen mendapatkan mandat atao sejenis fatwa untuk meneruskan perjuanganya melalui penyebaran agama dengan berpola bahasa inggris.

Kampung inggris adalah tradisi yang mengakar beberapa tahun yang lalu di Pare, Kediri Jawa Timur semenjak generasi Kalen sampai kini. Anda adalah orang yang berhak mengenal dan bahkan masuk peran serta, ikut andil di dalamnya. Tradisi ini tercipta oleh kolaborasi pelancong dan penduduknya dengan pergaulan, berbicara melalui bahasa inggris dengan dukungan puluhan kursusan bahasa inggris yang ada dan beberapa bule handal dari berbagai negara.
Jangan lewatkan info kampung inggris untuk kemajuan anda dan saudara-saudara semua dengan tajuk informasi kursusan, kos-kosan, tempat wisata bersejarah dll. Kami ada untuk anda, silahkan klik http://www.kampunginggris.com. Apapun info yang anda butuhkan tersedia sepenuhnya. Selamat mencoba kepuasan yang anda terima.
This entry was written by kampung and posted on August 10, 2008 at 1:57 pm and filed under News. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Ensiklopedia Pare

Pare, adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Terletak 25 km sebelah timur laut Kota Kediri, atau 120 km barat daya Kota Surabaya. Pare berada pada jalur Kediri-Malang dan jalur Jombang-Kediri serta Jombang – Blitar. Sudah lama ada wacana Pare dikembangkan menjadi ibu kota Kabupaten Kediri, yang secara berangsur-angsur dipindahkan dari Kota Kediri. Namun niat ini tidak pernah serius dilakukan oleh para Bupati yang menjabat. Pemerintah Kabupaten Kediri saat ini mengembangkan kawasan proliman (Simpang Lima) Gumul sebagai pusat perdagangan/kulakan terbesar di Jawa Timur yang ‘gagal.’

Nama Pare dipercaya oleh sebagian masyarakat setempat berasal dari kata “palerenan” dalam Bahasa Indonesia berarti tempat peristirahatan. Penelusuran memang perlu dilakukan untuk mengetahui dengan pasti asal kata nama kota Pare. Tetapi dari kondisi kota yang tenang, guyub, rukun dan udara yang bersahabat, bisa jadi asal kata itu memang benar. Kendati hanya sebuah kota kecamatan, dari sisi pengamatan demografi membenarkan asumsi di atas. Penduduk Pare berasal dari kota-kota di sekitarnya maupun dari luar propinsi seperti dari suku Minang, Sunda, Timor, Irian, Bali, Kalimantan. Pendeknya komposisi sebagian besar suku di Indonesia hampir terwakili keberadaannya di Pare. Biasanya yang pernah bertugas atau berdomisili di Pare, akan menghabiskan masa pensiunnya di kota yang tenang dan damai ini.

Kota yang berada pada ketinggian 125 meter di atas permukaan laut ini mempunyai udara yang sejuk. Jadi juga mempunyai potensi sebagai tujuan wisata yang mencari ketenangan dari hiruk pikuk kota besar. Berbagai jenis jajanan dan makanan enak dan higinis dengan harga “kampung” dapat dijumpai dengan mudah di kota Pare. Berbagai infrastruktur dan fasilitas kehidupan kota juga dengan mudah dapat dijumpai: hotel, rumah sakit (yang besar HVA dan RSUD rumah bersalin yang lengkap pun juga ada), ATM bersama, warnet 24 jam ber-AC, dsb.

Pare terkenal di sektor agraris dan peternakannya. Tanahnya subur bekas letusan gunung Kelud dan tidak pernah mengalami kekeringan. Produk agraria andalan dari Pare adalah bawang merah, biji mente dan blinjo. Pada 1970-an Pare terkenal sebagai penghasil daging babi kelas satu (kandang babi), kemudian disusul oleh peternakan ayam broiler. Sedangkan oleh-oleh khas dari Pare antara lain adalah tahu kuning dan gethuk pisang. Di Pare sudah lama bermunculan industri menengah bertaraf internasional, seperti industri plywood dan pengembangan bibit-bibit pertanian. Tempat-tempat rekreasi pun telah ada semenjak tahun 1970-an meskipun sederhana, seperti Pemandian “Canda-Bhirawa” Corah dan alun-alun “Ringin Budo”.

Pare terutama Desa Tulungrejo juga dikenal mempunyai potensi pengembangan kursus Bahasa Inggris. Saat ini lebih banyak bermunculan berbagai jenis bimbingan belajar terutama kursus-kursus Bahasa Inggris. Lebih dari 20 buah lembaga bimbingan belajar menawarkan kursus Bahasa Inggris dengan program program D2, D1 atau short course untuk mengisi waktu liburan. Dalam hal ini, kota Pare sebagai pusat belajar Bahasa Inggris yang murah, efisien dan efektif sudah terkenal hingga keluar Pulau Jawa. Sebagai efek ikutannya, di daerah Tulungrejo sekarang muncul berbagai jenis tempat penginapan dan kost yang menampung para pelajar dan maupun pekerja. Tarif kos per orang bervariasi dari 50 ribu hingga 200 rb per bulan.

Kecamatan Pare menjadi terkenal di seluruh dunia karena di sinilah antropolog kaliber dunia, Clifford Geertz – yang saat itu masih menjadi mahasiswa doktoral – melakukan penelitian lapangannya yang kemudian ditulisnya sebagai sebuah buku yang berjudul The Religion of Java. Dalam buku tersebut Geertz menyamarkan Pare dengan nama “Mojokuto”.

Pare termasuk kota lama. Ini terbukti dari keberadaan dua candi tidak jauh dari pusat kota, yakni Candi Surowono dan Candi Tegowangi, serta keberadaan patung “Budo” yang berada tepat di pusat kota. Ketiga peninggalan ini membuktikan bahwa Pare telah lahir ratusan tahun lalu. Hanya sampai sekarang belum diketahui dengan pasti kapan kota Pare berdiri dan siapa pendirinya.

BEC
BASIC ENGLISH COURSE

BEC PARE –KEDIRI

Nama : BASIC ENGLISH COURSE

( Kursus Dasar Bahasa Inggris )

Pendiri : M. Kalend.O

Direktur : M. Kalend.O

Berdiri : Pare, 15 Juni 1977

Alamat : Jl. Anyelir No. 8 RT/RW 02/XII Singgahan Pelem

PO BOX 146 PARE Phone ( 0354 ) 392987

PARE KEDIRI JAWA TIMUR 64201

Alumni : Alhamdulillah + 15.000 ( sejak Mei 2008 )

Periode : saat ini periode TC 101 JJA 2008

Program : Lama belajar selama 6 bulan

A.PROGRAM BELAJAR

1. BASIC TRAINING CLASS ( BTC )

– Program awal jika anda belajar di BEC

– Pada program ini berorentasi pada pemahaman dasar speaking / basic speaking

– Lama belajar selama satu bulan

– Materi yang dipelajari menitikberatkan pada pemabahasan 16 tenses

– Evaluasi belajar melalui tiga hal , ujian harian ,ujian akhir tulis , setiap jum’at ujian lisan

– Pada minggu pertama selama satu bulan setiap siswa baru wajib mengikuti program tutorial

– Tutorial program menitikberatkan dasar –dasar penyusunan kalimat dalam speaking.

– Tutorial dibimbing oleh peserta program MS

– Masuk kelas selama lima hari dalam seminggu setiap senin s.d. jum’at

– Setelah mengikuti program belajar di kelas mereka harus mengikuti program study club

– Setiap malamnya selama seminggu dua kali mereka wajib mengiukuti

program nighly speaking.

2. CANDIDATE OF TRAINING CLASS ( CTC )

– Program lanjutan dari BTC dan persiapan menuju program CTC

– Lama belajar di CTC selama dua bulan

– Pada program CTC siswa dituntut untuk menghafal New Concept English book unit 1-15.

– Pada program ini materi yang ditekankan pada siswa bisa memahami

kalimat pasif / Passive Voice dan kalimat langsung / tidak langsung ( Direct Indirect )

– Masuk belajar sama dengan BTC setiap senin s.d. jum’at.

– Setiap hari jum’at , mereka wajib mengikuti program meeting dan ujian lisan.

– Setelah selesai program kelas mereka wajib mengikuti program study club

dan nightly speaking.

– Pengajar menyampaikan materi di kelas dengan dua bahasa , bahasa Inggris dan Indonesia

– Prosentase penyampaian materi 50% bahasa Inggris dan 50%bahasa Indonesia.

– Setiap senin dan kamis , mereka wajib menghafal dan membuat percakapan

dari buku New Concept English.

– Akhir program CTC terdapat program Closing Meeting , Final New Concept

dan Final Written Exam.

3. TRAINING CLASS ( TC )

– Merupakan program akhir yang ditempuh selama tiga bulan

– Program ini menitik beratkan pada speaking , grammar , writing dan listening

– Penyampaian materi di kelas 100% berbahasa Inggris.

– Dalam keseharian baik dalam dan luar kelas mereka wajib berbahasa Inggris 100%.

– Masuk belajar selama enam kali dalam seminggu ( senin – sabtu )

– Program menghafal dan membuat percakapan dalam buku New Concept English tetap ada.

– Meeting program dilaksanakan dua kali seminggu pada bulan pertama ,

dan pada bulan kedua setiap sabtu pagi.Ditempuh untuk menentukan kelulusan .

– Pada akhir bulan ketiga diadakan ujian akhir bertemu dan praktek

dengan orang asing di Candi Borobudur.

– Akhir program akan diadakan Farewell Party / Perpisahan dan Heart to Heart / sharing.

B. INFO PENDAFTARAN

I. MASA /WAKTU PENDAFTARAN

1. Masa pendaftaran dibuka empat kali dalam setahun yaitu

1. Pada tanggal 1 Pebruari

2. Pada tanggal 1 Mei

3. Pada tanggal 1 Agustus

4. Pada tanggal 1 Nopember

2. Sebelum tanggal diatas, setiap calon siswa BEC wajib mengambil no antri daftar

2 ( dua ) hari sebelum waktu pendaftaran dengan membawa KTP / KK/ SIM

dan tidak bisa diwakilkan harus datang sendiri ke BEC.

Misalkan, untuk periode yang akan datang ! Pengambilan nomor untuk antri daftar

akan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 29 April 2009 jam 07.00 pagi dengan

membawa KTP/ KK/SIM dan pendaftaran untuk masuk BEC akan dilangsungkan

pada hari Jum’at, 1 Mei 2009 jam 07.30 pagi. Persyaratan tertulis dikartu nomor anda! Terima kasih.

3. PENDAFTARAN DAPAT DITUTUP SEWAKTU –WAKTU APABILA

JUMLAH SISWA TELAH TERPENUHI WALAUPUN SEBELUM AKHIR

BULAN PENDAFTARAN.

4. Program belajar dimulai pada bulan berikutnya setelah masa pendaftaran.

5. Waktu pendaftaran dibuka setiap hari pertama pada bulan pendaftaran pada pukul 07.30 pagi.

II. PERSYARATAN ADMINISTRATIF

1. Mengisi formulir pendaftaran

2. Menyerahkan satu lembar foto copy KTP / Identitas diri lain yang masih berlaku.

3. Menyerahkan satu lembar foto copy STTB terakhir.

4. Menyerahkan 3 lembar pas photo ukuran 3×4 ( berwarna )

5. Pendaftaran tidak boleh diwakilkan

6. Melunasi uang pendaftaran + SPP BTC

III. BIAYA

1. Uang Pendaftaran + Uang bulanan BTC sebesar Rp.200.000,- ( Dengan uang pas )

2. Uang bulanan CTC dan TC masing –masing Rp.60.000,/ bulan

3. Uang transportasi ujian praktek ke Borobudur menyusul

IV. CARA PENDAFTARAN

1. DAPATKAN KARTU CN dari petugasnya !

2. Masuk keruang pendaftaran :

a. Pilih kelas yang anda masuki !

b. Setelah itu, serahkan Kartu CN dan semua persyaratan kepada petugas.

c. Setelah itu mengisi formulir , Kartu CN akan diganti dengan Kartu Meeting Card oleh petugasnya.

3. Selesai , Selamat jalan. Semoga jumpa lagi pada acara Perkenalan dan pengarahan.

Ingat ! Ketika hadir pada acara tersebut bawalah kartu meeting card sebagai bukti bahwa anda sudah mendaftar.

CATATAN ;

1. Pengambilan nomor panggilan tidak boleh diwakilkan

2. Tunjukkan kartu identitas saat pengambilan nomor panggilan

3. Ketika anda hadir pada saat pendaftaran nanti, anda kami persilahkan duduk dengan tertib untuk menunggu pannggilan.

4. Perhatian ! Bagi nomor anda yang kami panggil berturut –turut 3x tidak hadir dinyatakan batal dan gagal nomor panggilan tersebut.

5. Sekalipun sudah mendapat kartu panggilan tetapi persyaratan tidak lengkap dinyatakan batal dan tidak diterima.

6. Jika nomor anda tidak dipanggil berarti batas penerimaan siswa baru dinyatakan sudah selesai atau pendaftaran teleh ditutup.

V. JADWAL KURSUS

– Pagi : Pukul 06.30 s.d. 09.00 untuk kelas A dan F

Pukul 08.00 s.d. 10.30 untuk kelas B dan G

Pukul 09.30 s.d. 12.00 untuk kelas C dan H

– Siang : Pukul 13.30 s.d. 16.00 untuk kelas D dan I

Pukul 14.00 sd. 16.30 untuk kelas E dan J

– Jadwal kursus bisa berubah sewaktu-waktu apabila situasi dan kondisi memungkikan.

VI. TEMPAT PENDAFTARAN

Di BEC OFFICE , Jl. Anyelir no.8 RT/ RW 01/ XII Singgahan Pelem Pare. PO BOX 146

Phone ( 0354 ) 392987.

VII. PELAYANAN INFORMASI

Jika kurang jelas keterangan ini segera hub kami

Di kantor BEC , buka pada pagi dan siang hari.

Pagi : pukul 07.00 s.d. 11.30 WIB

Siang : pukul 13.30 s.d. 16.00 WIB.

VIII. LAIN –LAIN

– Pakaian bebas pantas bersepatu

– Sanggup dan aktif mengikuti program

– Khusus bagi muslimat diwajibkan berjilbab


Mahesa Institute

emasuki era ekonomi baru yang ditandai digitalisasi, liberalisasi serta globalisasi ini mengakibatkan meningkatnya tuntutan agar perusahaan, peserta didik, mahasiswa, pekerja, masyarakat umum, maupun abdi negara memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. Mutlak disadari bahwa aset utama dan yang paling berharga dari suatu pribadi, perusahaan maupun negara terletak pada SDM yang unggul dan berkualitas sehingga kemajuan pribadi, institusi, lembaga pendidikan, perguruan tinggi, perusahaan maupun negara akan cepat diraih. Dalam sistem pendidikan baru, dengan situasi yang selalu berubah dikarenakan tuntutan regulasi dan ketentuan dari pusat, kita dituntut senantiasa mengikuti perkembangan dan meningkatkan kapasitas diri. Globalisasi menuntut kita semua lebih berdaya dan berkreasi menambah wawasan dan ketrampilan khususnya Bahasa Inggris yang merupakan alat komunikasi internasional, sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa Bahasa Inggris yang merupakan sarana komunikasi lintas negara diperlukan diberbagai bidang, baik secara aktif maupun pasif. Sehingga menguasainya merupakan syarat yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Menyadari hal itu semua, maka Mahesa Institute dengan motto “One for All…Committed to Quality”

mempunyai komitmen untuk ikut serta menjadi salah satu lembaga yang menyelenggarakan proses pendidikan Bahasa Inggris guna meningkatkan kualitas SDM menjadi manusia, siswa, mahasiswa, tenaga kerja maupun abdi negara yang berwawasan luas, handal, profesional dan bertanggungjawab dibidangnya masing-masing.

Mahesa Institute adalah lembaga dibidang jasa yang bergerak dibidang pendidikan Bahasa Inggris, baik itu secara informal maupun sederajat dengan pendidikan formal.

* Mahesa Institute sebagai pusat pendidikan Bahasa Inggris yang memadukan pengetahuan bahasa dan CCU (Cross Cultural Understanding – Saling silang pemahaman kebudayaan) sekaligus. Berbagai program yang ditawarkan terdesain secara terarah, program yang berjenjang, serta proses belajar mengajar yang kondusif dikarenakan lingkungan khusus yang terletak di pusat perkampungan Bahasa yang didesain untuk pendidikan Bahasa Inggris merupakan usaha keberpihakan lembaga kami terhadap keperluan mendasar peserta didik dan pengguna jasa Bahasa Inggris.

Staf dan Pengajar di Mahesa Institute Staf dan Pengajar di Mahesa Institute Staf dan Pengajar di Mahesa Institute Staf dan Pengajar di Mahesa Institute

Lembaga ini didirikan dengan misi utama memberikan layanan terbaik dalam pendidikan Bahasa Inggris kepada pengguna jasa secara umum serta mengembangkan program-program Bahasa Inggris yang berorientasi pasar dan yang dibutuhkan semua kalangan, baik di sektor yang mendukung pendidikan formal, industri maupun bisnis.

Satu Balasan ke English Village

  1. afina mengatakan:

    kasih info lebih lengkap mengenai mahesa institute dunK?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: